Sebuah Persimpangan Hidup

Berminggu-minggu ini gw makin ngerasa hilang kendali atas kemauan gw. Apa yang gw lakuin sekarang adalah apa yang gw pilih dulu. Tapi kenap...

Berminggu-minggu ini gw makin ngerasa hilang kendali atas kemauan gw. Apa yang gw lakuin sekarang adalah apa yang gw pilih dulu. Tapi kenapa, ya? Kok rasa-rasanya hambar. Nggak ada semangat juang. Nggak ada ketertarikan lagi. Apa ini vase melunturnya kecintaan terhadap hal yang disuka? Atau emang gw salah mengira hal yang gw suka adalah cinta sejati gw?

Alhasil gw malah nggak bisa fokus terhadap apapun. Semestinya gw ngerampungin apa yang udah gw mulai dulu baru bisa beranjak ke pijakan lain.

Gw nggak fokus ngelarin tugas animasi, gw nggak fokus nulis. Dan yang paling mengerikan, gw nggak tau apa yang sebenernya gw pingin dan gw cintai???

Pertanyaan gw yang belum terjawab saat dulu tanya ke orang-orang animasi di Bandung: “Walaupun udah kerja sesuai passion dan minat, pernah nggak sih ngerasa kayak duh capek.. bosen.. males..?”
Sampai sekarang gw masih nggak menemu jawaban valid sesuai realita yang sedang gw alami. Apa mungkin cuma gw yang ngerasain? Atau balik lagi, ini bukan cinta sejati gw?

Lalu, apakah cinta sejati gw?

Waktu kecil dulu gw selalu terheran-heran sama anak yang nggak ngerti pingin ngapain, pingin jadi apa, yang nggak bener-bener tau dia bisa apa, karena honestly gw udah sangat lama merancang jalur yang akan gw lewati. Apa yang gw harus lakukan di umur segini dan segini.
Tapi sekarang.. gw terlambat menyadari kalau menjalani nggak semudah merancang dan merencanakan.

Jadilah gw yang sekarang: serba malas dan nggak tau harus milih jalan mana buat dilewati.
Kering ide. Kehilangan gairah. Nggak ada semangat menekuni jalan yang gw lewati sekarang.
Malah gw makin bertanya-tanya sebenernya gw ini bisa apa sih?
Pandangan gw terhadap hidup dan masa depan mulai bertumbuh dewasa. Nggak ada lagi sudut pandang kanak-kanak. Tapi pertumbuhan ini masih setengah, atau mungkin kurang. Masih sangat riskan. Bagai manusia di persimpangan, gw harus segera menentukan mau lewat mana atau gw selamanya ada di persimpangan serba tanggung ini.

Gw yakin, gw bukan satu-satunya manusia bumi yang ngerasain kebimbangan memilih jalan hidup.
Mungkin sedikit yang sadar, gw berminggu-minggu makin berevolusi jadi mahluk primitif yang nggak keluar-keluar dan tinggal di ruangan gelap nan berantakan. Sampe-sampe Ibu gw ngira gw lagi patah hati.

Mungkin bener.

Ini patah hati. Dalam artian yang berbeda dengan yang Ibu gw asumsikan.

Untuk sekarang ini gw cuma menunggu dan menunggu. Satu ruang dalam diri gw meyakini, sesuatu yang gw cari itu bakal datang.
Masalah gw saat ini cuma: gw jadi males ngapa-ngapain. Nggak produktif. Nggak menghasilkan apapun. Menyiakan hidup..

Yah, at least, dalam dunia tertutup gw, gw ‘mengurus’ banyak hal. Sesuatu dalam diri gw sedang mati-matian berjuang menggapai-gapai entah apa.
Gw sangat menantikan masa dimana gw menjalani hari dengan antusias. Walau nggak senormal rutinitas manusia pada umumnya, seenggaknya gw pingin waktu hidup gw berlalu dengan seru dan asyik.

Someone told me that I had no regret in my life, I do what I wanna do and I’ve make him envy.. I have to make it true, I have to not regretting my life..


-Siang bersama kipas angin di sebuah studio animasi kota Jogjakarta

You Might Also Like

1 cuaps